Rabu, 22 Mei 2013

Peniru Yang Ulung

Untuk memberi kesimpulan akhir dari tulisan yang membicarakan mengenai peniruan, sebaiknya penulis ceritakan pada Anda sebuah kisah tentang salah satu peniru ulung yang ada di alam ini. Yang akan kita bicarakan di sini adalah tentang perilaku khas Ulat Baris. Binatang kecil ini dinamakan demikian karena mempunyai kebiasaan yang sangat aneh. Yakni, mereka suka sekali berjalan beriringan dalam barisan yang amat rapi.

Ulat-ulat baris ini sangat ulung dalam hal meniru tindak-tanduk dari ulat-ulat yang ada di hadapannya. Bahkan bisa dikatakan, bahwa satu-satunya kemampuan yang dimiliki oleh ulat-ulat baris ini adalah meniru. Insting mereka untuk selalu berada dalam kelompok demikian kuatnya, sehingga mereka bisa terus berjalan dalam formasi yang sama sampai bermil-mil jauhnya.

Beberapa tahun yang lalu, seorang ilmuwan asal Perancis melakukan sebuah penelitian tak resmi. Tujuannya adalah untuk mengukur kekuatan insting berkelompok dari ulat-ulat baris ini. Caranya adalah dengan meletakkan beberapa ekor hewan tersebut di pinggiran sebuah pot bunga yang besar. Pot ini diisi penuh dengan makanan kesukaan mereka dan juga air bersih.

Benar saja, ulat-ulat itu mulai mengikuti ulat yang berada di posisi terdepan. Mereka mulai berjalan mengelilingi pot bunga itu. Mereka terus saja berkeliling sambil berbaris tanpa henti selama berjam-jam … bahkan … berhari-hari.

Yang mengherankan, padahal makanan dan air itu jaraknya hanya beberapa inci saja dari barisan ulat-ulat itu. Tetapi, insting mereka untuk mengikuti sesamanya begitu kuat, sehingga tak satupun dari mereka yang berniat melepaskan diri daribarisan. Setelah selama tujuh hari barisan itu berjalan tanpa henti, akhirnya semua ulat baris itu mati karena kelelahan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

//** efek salju-start**// //** efek salju-end**// //** Like Button FB **//
//** Like Button FB **//