Selasa, 14 Mei 2013

Kisah Tentang Seorang Pembantu Yang Tidak Produktif

Seperti yang telah saya kemukakan sebelumnya, pertumbuhan secara eksponensial (yang juga dikenal sebagai system kumulatif atau konsep penggandaan) merupakan konsep penciptaan kekayaan yang tidak terlalu banyak memakan waktu. Namun demikian, ternyata konsep ini sudah dipakai oleh orang-orang kaya selama ribuan tahun.

Bahkan salah satu kitab suci juga mengakui pentingnya kita untuk memanfaatkan konsep kumulasi ini. Hal ini terbukti dalam kisah yang berjudul “Pelayan Yang Tidak Produktif”.

Berikut adalah kisahnya:

Seorang pemilik usaha yang kaya raya sedang bersiap-siap melakukan perjalanan bisnis yang cukup jauh. Sebelum pergi, ia memanggil ketiga orang pembantu kepercayaannya. Lalu, kepada masing-masing pembantu itu ia memberikan sejumlah uang untuk disimpan. Pembantu yan gpertama menerima 5 talen, yang kedua 2 talen, sedangkan yang ketiga mendapat 1 talen.

Pembantu yang pertama dan kedua menabungkan uang yang diberikan. Karena itu ketika tuannya kembali, uang pokok mereka sudah menjadi dua kali lipat. Untuk itu, mereka mendapat pujian dari majikan mereka karena telah bertindak bijaksana. Sedangkan pembantu yang ketiga, karena dia takut kehilangan uangnya, dia memilih mengubur uangnya di dalam tanah. Karenanya, ia kembalikan lagi uang yang satu talen kepada tuannya. Sang majikan pun berang dan langsung mengur pembantunya itu karena dia tidak menabungkan uangnya di bank. Ia didamprat habis dan dipecat saat itu juga.

Selanjutnya: Biarkanlah Uang Anda Bekerja Untuk Anda (2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

//** efek salju-start**// //** efek salju-end**// //** Like Button FB **//
//** Like Button FB **//